Monday, June 10, 2019

Komunikasi Elektronik

  Fitriadi       Monday, June 10, 2019
KOMUNIKASI ELEKTRONIK
Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian info dari dua titik. Tipe info itu beragam jenisnya, sebagai contoh tipe info itu bisa berupa audio, video alias berupa teks. Untuk bisa meperbuat pengiriman informasi, kami membutuhkan sebuahmekanisme yang menghubungkan antara pengirim info (source) dengan penerima info (destination).

Komunikasi Elektronik

 Mekanisme tersebut tak jarang juga disebut sistem informasi. Dalam komunikasi elektronik, sistem info itu terdiri dari peralatan elektronik. Sebagai contoh peralatan elektronik tersebut adalah antena, kawat, mobile station, BTS, dan MSC.Telekomunikasi adalah setiap pemancaran, pengiriman, dan alias penerimaan dari setiap info dalam bentuk tanda, isyarat, tulisan, gambar, suara, dan bunyi melewati sistem kawat, optik, radio alias sistem elektromagnetik lainnya

Dalam komunikasi elektronik kami mengetahui adanya media (medium) yang bermanfaat untuk mempropagasi sinyal info elektronik. Ada dua macam media (medium) yang popular dipakai. Media tersebut adalah transimission line (kabel, fiber optic, waveguide) dan gelombang radio (radio waves). Masing-masing dari media tersebut mempunyai kelebihan dan ketidak lebihan.

Media transmission line memperkenalkan nilai sambungan yang baik, tetapi anggaran yang wajib dikeluarkan untuk pembangunan peralatan sangat mahal dan sifatnya tak fleksibel. Sedangkan untuk media gelombang radio memperkenalkan mobilitas yang tinggi dan anggaran investasi yang lebih terjangkau tetapi dengan nilai yang tak sebaik media transmission line.

Macam – Macam Komunikasi

Komunikasi 2 arah ( Two Way Traffic ) Yaitu komunikasi dengan cara langsung dari atasan ke bawahan dan dari bawahan ke atasan.

Komunikasi horizontal  Yaitu komunikasi antara sejawat alias sebagian / sama – sama satu tahap.

Komunikasi 1 arah ( One Way Traffic )
Komunikasi yang tak dengan cara langsung. Komunikasinya hanya dari atasannya.

Komunikasi langsung  Yaitu komunikasi yang diperbuat dalam penyampaian kabar.

Komunikasi tak langsung Yaitu komunikasi yang penyampaiannya melewati orang lain ataupun dengan cara tertulis.

Komunikasi Formal dan Informal
1. Komunikasi formal diperbuat antara sesama anak buah organisasi disesuaikan dengan urutan struktur organisasi.
2. Komunikasi informal yang terjadi sebab adanya komunikasi antara sesama karyawan dalam sebuahorganisasi.
Subsistem Terminal

Pesawat Telepon Pengertian dari Telepon adalah suara dari jarak jauh
- Berdasarkan tutorial meperbuat pemanggilan Pesawat Telepon Otomat Roda Pilih (rotary dial) dipakai pada sentral telepon otomat, dgn roda pilih yang menghasilkan digit Pesawat Telepon Otomat Tombol Tekan (push button dial) sentral otomat, dgn tombol digit.
- Berdasarkan Pemakaian Alat Bantu : Pesawat Telepon Umum Dengan Coin Box telepon umum, tutorial pembayaran dengan memakai uang besi Pesawat Telepon Umum Kartu (TUK) tutorial pembayaran dengan kartu.
- Berdasarkan kebebasan mobilitas : Pesawat Telepon Fix Line / PSTN (Public Switching Telepon Network) jaringan telepon umum masih / tak bergerak Pesawat Telepon Seluler (Ponsel) jaringan telepon bergerak(AMPS, GSM, PCS).

Telepon Seluler
Biasa disebut dengan Ponsel. Di Indonesia telah diperkenalkan sejal Tahun 1979 . Jaringan saat itu dikenal dengan Sambungan Telepon Bergerak (STB). Teknologi STB ini hanya bersi kukuh selagi setengah dasawarsa sebab pada Tahun 1986 masuk Teknologi Telepon Seluler NMT-450 (Nordic Mobile Telepon) . Tahun 1990, PT. Elektrindo Nusantara mulai memperkenalkan layanan Telepon Seluler yang memperkenalkan Teknologi AMPS (Advanced Mobile Phone System). AMPS ini ditetapkan oleh Pemerintah sebagai STBS ( Sistem Telepon Bergerak Seluler) Nasional.

Sistem Analog AMPS tak sedikit dipakai di Amerika Utara, Australia, dan Asia. Sedangkan Eropa memakai STBS yang berlainan umpama NMT-450, NMT-900. Sebab itu Eropa kemudian membangun sistem bersama sebagai sistem GSM (Groupe Spesiale Mobile) tahun 1982. Pada awalnya dirancang untuk bekerja pada frekuensi 900 MHz.

Di Indonesia sistem GSM mulai diperkenalkan pada tahun 1993 dengan sebutan Global System for Mobile Communication (Sistem Komunikasi Bergerak Global) yang disingkat juga dengan GSM.
Sistem GSM ini memakai teknologi digital. Dengan sistem digital ini satu saluran bisa dipakai oleh tak sedikit pelanggan, sedangkan pada AMPS satu saluran hanya dipakai untuk satu pelanggan.
Saat ini sedang diuji coba sistem PCS (Personal Communication System) untuk diterapkan di Indonesia. Sistem ini bekerja pada frekuensi 1800 MHz dan telah dipakai di Amerika, Jepang, Hongkong, Singapura, dan Korea. Pemerintah belum menerapkan kebijakan untuk software sistem PCS di Indonesia saat ini.

Pesawat Telegrap
Telegrap bisa diartikan sebagai proses penyampaian kabar/ info berupa gambar, alias grafik, tanda, isyarat dalam jarak jauh melewati perangkat telegrap
Ditinjau dari perangkat yang dipakai untuk menyalurkan info telegrap hubungan telegrap bisa dibedakan menjadi dua sistem :
Sistem Morse
Sistem ini ditemukan oleh Samuel F.B. Morse (1832).
Dengan memakai Pesawat Morse, pengiriman info telegrap diperbuat dengan tutorial mengetok tanda-tanda melewati kunci ketok morse.
Tanda-tanda yang dikirim berupa kode-kode yang berupa kombinasi titik dan garis

Pesawat Teleprinter
Sistem Telegrap dengan memakai teleprinter ini adalah pengembangan lebih lanjut di bidang telegrap. Prinsipnya adalah mengetik jarak jauh dengan memakai keyboard.
Sistem Teleprinter terdiri dari :
Keyboard, bermanfaat menuliskan pesan
Transmitter, bermanfaat mengirimkan pesan
Receiver, bermanfaat menerima pesan
Printer, bermanfaat mencatak pesan
Control Unit, bermanfaat sebagai pusat control, seperti CPU sebuah komputerPesawat Facsimile
Disamping Pesawat Telegrap, kami mengetahui pesawat Telephoto. Telephoto berarti pengiriman gambar dari jarak jauh. Saat ini pesawat Telephoto lebih dikenal dengan nama Pesawat Facsmile. Pada dasarnya Facsimile adalah sebuah mesin gambarcopy jarak jauh


Pesawat Terminal Data
Pesawat Terminal Data adalah tahap dari Mesin Pemroses Data yang sanggup mengirimkan data digital melewati jaringan komunikasi. Komunikasi yang terjadi tak jarang kami sebut dengan Komunikasi Data.
Pesawat Terminal Data bisa berupa komputer alias hardware lainnya
Studio dan Penerima Radio/Televisi
Studio Radio/Televisi adalah terminal yang bermanfaat mnegirimkan info dalam bentuk suara alias gambar dan suara Pesawat Radio/Televisi adalah terminal yang bermanfaat menerima info dalam bentuk suara alias gambar dan suara.
logoblog

Thanks for reading Komunikasi Elektronik

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post